BAB IV
الإضـــــــافة
1.
PENGERTIANNYA
الإضــــافة
menghubungkan satu isim dengan isim lain di belakang, dengan
memperkirakan jalinan hubungan itu dengan huruf Jar, isim yang pertama ( مضـــاف ) dan kedua dinamakan ( مضــاف إلية ). Dengan istilah yang lebih mudah ( مضـــاف ) yang dimiliki ( مضــاف إلية ) yang
memiliki.
Contoh:
الذَّهَبِ
|
سِوَادُ
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Gelang emas ( Gelang yang terbuat dari emas)
|
|
الجُمُعَةِ
|
صَلاَةُ
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Sholat Jum’ah (Sholat yang dikerjakan di hari Jum’at)
|
|
المُمَرِّضِ
|
حَقِيْبَةُ
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Tas Perawat (Tas milik Perawat)
|
2. HUKUM-HUKUMNYA
1.
( المضـــاف
) itu harus:
a.
Tidak bertanwin, seperti:
النحو
|
هذا كتاب
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Ini kitab Nahwu
|
b.
Tidak memakai Nun Tatsniyah ( نون
المثنى )
كَ
|
هَذَانِ وَالِدَا
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Mereka berdua adalah kedua orangtuamu
|
(asalnya: وَلِدَانِ كَ )
c.
Tidak memakai Nun Jama’ ( نون
الجمع )
العِلْـــمِ
|
هَؤُلاَءِ طَالِبُوْا
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Mereka adalah para penuntut ilmu
|
(asalnya: طَلِبُـــوْنَ العِلْمِ )
2.
( مضـــاف
) harus didepan ( ــاف إلية ) tidak boleh ditanwin. Jika bentuknya mutsanna (dua) atau
jamak mudzakkar salim, harus dibuang nun nya.
3.
( مضــاف إلية ) harus majrur (berharokat kasroh bagi yang bertanwin atau
dimasuki alif lam dan berharokat fathah bagi isim yang tidak boleh ditanwin).
Contohnya:
الطَبِيْبِ
|
بِنْتُ
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Anak perempuan dokter
|
|
فَــاطِمَةَ
|
بِنْتُ
|
مضاف إليه
|
مضاف
|
Anak perempuan Fathimah
|
4. Setiap isim atau
kata benda yang terletak setelah kata أي
(yang mana) كل (setiap) بعض
(sebagian) جَمِيْع (semua), dan keterangan ( ضرف ) maka dia berharokat kasroh dalam bentuk umum (nakiroh),
sebagai mudhof ilaih. Contoh:
أيُّ دَوَاءٍ
تُرِيْدُ؟
|
Obat mana yang kamu inginkan?
|
كُلُّ مُمَرِّضَةٍ لَها مهارةٌ
|
Setiap perawat perempuan, memiliki satu keterampilan
|
تَأمَّلْ / تَأمَّلِى الجُمَلَ الأتِيَةَ ثُمَّ بَيِّنْ /
بَيِّنِى نَوْعَ الجُمْلَةِ!
Perhatikan
kalimat- kalimat berikut ini kemudian jelaskan macam kalimat itu!
Mobil(nya) pak guru
|
سَيَّــارَةُ المُدَرِّسِ
|
1.
|
Pintu(nya) sekolah
|
بَـــابُ المَدْرَسَةِ
|
2.
|
Sebuah mobil
|
سَيَّـــارَةٌ
|
3.
|
Mobil itu
|
السَّيَّـــارَةُ
|
4.
|
Sebuah mobil (yang) baru
|
سَيَّـــارَةٌ جَدِيْدَةٌ
|
5.
|
Mobil (yang) baru itu
|
السَّيَّــارَةُ الجَدِيْدَةُ
|
6.
|
Mobil itu baru
|
السَّيَّــارَةُ جَدِيْدَةٌ
|
7.
|
Mobil(nya) guru pelajaran fikih
|
سَيَّــارَةُ مُدَرِّسِ الفِقْهِ
|
8.
|
Pintu mobil guru pelajaran fikih
|
بَـــابُ سَيَّــارَةِ مُدَرِّسِ الفِقْهِ
|
9.
|
مِفْتَــــاحُ بَـــابُ سَيَّــارَةِ مُدَرِّسِ الفِقْهِ
|
10.
|
|
شَكْلٌ مِفْتَــــاحُ بَـــابُ سَيَّــارَةِ مُدَرِّسِ
الفِقْهِ
|
11.
|
Arti
|
Contoh dalam Jumlah
|
Arti
|
إضَافة
مضاف + مضاف إلية
|
Saya pergi ke masjid
kampus
|
ذَهَبْتُ إلَى مَسْجِدِ الجَامِعَةِ
|
Masjid kampus
|
مَسْجِد الجَامِعَةِ
|
Saya membaca surat Al-
Fatihah
|
قَرَأْتُ سُوْرَةَ الفَاتِحَهِ
|
Surat Al- Fatihah
|
سُوْرَة الفَاتِحَهِ
|
Kitab (milik) Zaid di
atas meja
|
كَتَابُ زَيْدٍ عَلَى المَكْتَبِ
|
Kitab (milik) Zaid
|
كِتَابُ زَيْدٍ
|
Saya meminjam kitabmu
|
اَسْتَعِيْرُ كِتَابَكَ
|
Kitabmu
|
كَتَابَكَ
|
Sungguh Rasulullah
shaleh
|
اِنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَالِحٌ
|
Rasulullah
|
رَسُوْلُ اللهِ
|
Malam qadar lebih baik
dari seribu bulan
|
لَيْلَة القَدْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلْفِ شَهْرٍ
|
Malam qadar
|
لَيْلَةُ القَدْرِ
|
أجب/ أجيبى كــما
في المثــال الأتى
( سكن الطلاب )
|
هَذا سَكَنُ الطلابِ
|
مثل
|
|
( ســبورة الفصل )
|
هذا ســـبورةُ الفصلِ
|
||
( كــتـابُ الدَّرسَ )
|
.....................................................................
|
1.
|
|
( كرسي الطالب )
|
.....................................................................
|
2.
|
|
( حقيبة الطبيب )
|
.....................................................................
|
3.
|
|
( قلم المهندس )
|
.....................................................................
|
4.
|
|
( حجرة المريض )
|
.....................................................................
|
5.
|
|
( بــاب الفصل )
|
.....................................................................
|
6.
|
|
( نــافذة الحجرة )
|
.....................................................................
|
7.
|
|
( قلم المعلم )
|
.....................................................................
|
8.
|
|
( وجبة العشاء )
|
.....................................................................
|
9.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar