Sabtu, 16 Maret 2019

المعني في تعليم النحو - ٥

وَإِتْمَامًا لِلْفَائِدَةِ، فَقَدْ خَتَمْتُهُ بِمَلَاحِقَ مُفِيْدَةٍ احْتَوَتْ عَلَى جَدْوَلٍ لِلْأَدَوَاتِ الَّتِيْ لَهَا أَكْثَرُ مِنِ اسْتِعْمَالٍ، وَآخَرَ لِلْأَدَوَاتِ الَّتِيْ لَهَا أَكْثَرُ مِنْ مَعْنًى، وَثَالِثٌ لِلْحُرُوْفِ الَّتِيْ تَشْتَرِكُ فِيْ مَعْنًى وَاحِدٍ، ثُمَّ أَتْبَعْتُ هَذِهِ الْجَدَاوَلَ بِأَمْثِلَةٍ مُعْرَبَةٍ، هَادِفًا مِنْ ذَلِكَ أَنْ يَتَأَمَّلَ الطَّالِبُ طَرِيْقَةَ إِعْرَابِهَا، وَأَنْ يُحَاوِلَ أَوَّلًا إِعْرَابَهَا بِنَفْسِهِ، ثُمَّ يَنْظُرُ إِلَيْهَا، لِيُصَحِّحَ مَا أَخْطَأَ فِيْهِ، وَلِأَنَّ الْهَدْفَ مِنْ تَعَلُّمِ قَوَاعِدِ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ هُوَ اسْتِقَامَةُ اللِّسَانِ، فَقَدْ خَتَمْتُ ذَلِكَ كُلَّهُ بِــ (( كَيْفَ أَتَعَلَّمُ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ الْفُصْحَى )) .

وَقَبْلَ الْخِتَامِ : أَتَقَدَّمُ بِجَزِيْلِ الشُّكْرِ وَالِامْتِنَانِ لِفَضِيْلَةِ الدُّكْتُوْرِ / ف عَبْدِ الرَّحِيْمِ عَلَى تَفَضُّلِهِ بِقِرَاءَةِ هَذَا الْمُلَخَّصِ، وَإِبْدَاءِ مَلْحُوْظَاتِهِ الْقَيِّمَةِ ، وَمِنْ ثَمَّ تَقْرِيْظُهُ فَجَزَاهُ اللهُ خَيْرَ الْجَزَاءِ، وَكَمَا أَتَقَدَّمُ بِخَالِصِ الشُّكْرِ لِفَضِيْلَةِ الدُّكْتُوْرِ / أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدٍ الْخَرَّاطِ عَلَى مَا أَبْدَاهُ مُقْتَرَحَاتٍ كَشَفَتِ الْهَفَوَاتِ، وَرَفَعَتْ الْحِجَابَ عَنِ الصُّعُوْبَاتِ فَجَزَاهُ اللهُّ خَيْرَ الْجَزَاءِ، كَمَا أَتَقَدَّمُ بِجَزِيْلِ الشُّكْرِ وَالِامْتِنَانِ لِدَارِ الْمَآثِرِ الْمَدَنِيَّةِ، مُمَثِّلَةً فِيْ مُدِيْرِهَا الْأُسْتَاذِ / غَازِي الْعَمْرِي، عَلَى مَا بَذَلَهُ مِنْ جُهُوْدٍ فِيْ سَبِيْلِ إِخْرَاجِ هَذَا الْكِتَابِ، وَجَعَلَهُ فِيْ مُقَدِّمَةِ مَا تَهْتَمُّ الدَّارُ بِنَشْرِهِ، فَجَزَاهُ اللهُ أَحْسَنَ الْجَزَاءِ وَأَوْفَاهُ .

وَخِتَامًا : أَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى أَنْ يُوَفِّقَنَا جَمِيْعًا لِخِدْمَةِ لُغَةِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، كَمَا أَسْأَلُهُ أَنْ يَجْعَلَ هَذَا الْعَمَلَ الْمُتَوَاضِعَ _ وَهُوَ جُهْدُ الْمُقِلِّ _خَالِصًا لِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ، وَأَنْ يَنْفَعَ بِهِ كُلَّ مَنْ قَرَأَهُ ، آمين . وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ .

حُسَيْنُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ آلُ عَلِيٍّ
1424 هـ
الجامعة الإسلامية / معهد تعليم اللغة العربية
ص.ب / 170

UNTUK MELENGKAPI FAIDAH YANG ADA :
Maka saya akhiri buku ini dengan menambahkan lampiran yang bermanfaat yang berisi tabel tentang alat-alat yang memiliki penggunaan lebih dari satu dan juga alat-alat yang memiliki makna lebih dari satu, dan yang ketiga huruf-huruf yang sama-sama berada dalam satu makna.

Kemudian saya lampirkan juga tabel-tabel tersebut dengan contoh-contoh kalimat yang sudah dii’rab yang tujuannya adalah agar yang belajar buku ini memperhatikan bagaimana cara mengi’rab yang benar, yang sebelumnya dia sudah berusaha sendiri untuk mengi’rabnya sesudah itu barulah dia mencocokkannya dengan contoh-contoh yang sudah dii’rab tersebut untuk membetulkan mana-mana yang masih salah, karena tujuan belajar Kaidah-kaidah Bahasa Arab adalah agar bacaan dan kalimat yang keluar dari lisan kita menjadi benar sesuai dengan i’rab yang ada, sehingga kitab ini saya akhiri dengan pembahasan yang sangat penting untuk bisa mengarah pada tujuan itu semua yaitu “Bagaimana agar saya bisa berbicara menggunakan Bahasa Arab yang fusha”

Sebelum saya tutup: saya ingin menghaturkan rasa syukur saya dan terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada Fadhilah Syaikh Dr.V.Abdur Rakhim yang telah bersedia menelaah tulisan yang ringkas ini, dan memberikan komentarnya yang sangat berharga, dan di sana ada taqridz dari beliau, semoga Allah membalasnya dengan balasan yang paling baik.
Dan juga saya ingin menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada fadhilah Syaikh Dr. Ahmad bin Muhammad Alkharrath atas saran-sarannya dalam meluruskan kesalahan-kesalahan yang ada, dan menghilangkan tabir penghalang dari hal-hal yang dirasa sulit, semoga Allah membalasnya dengan balasan yang paling baik.

Dan juga saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Penerbit Dar Alma-aatsir Almadaniyyah terutama kepada direkturnya yaitu Ustadz Ghazi ‘Amri atas daya upayanya dalam menerbitkan kitab ini, dan menjadikan kitab ini prioritas Dar Alma-aatsir untuk disebarluaskan, semoga Allah membalasnya dengan balasan yang paling baik dan sempurna.

Dan sebagai penutup: Saya memohon kepada Allah ta’ala semoga Allah memberikan taufik hidayah kepada kita semua untuk bisa memberikan sumbangsihnya bagi bahasa  Al-Qur’an yang mulia. Dan juga saya memohon kepada-Nya agar karya yang sederhana ini – berupa usaha yang sedikit ini – menjadi amal yang ikhlas untuk mengharapkan Wajah-Nya yang mulia dan juga bermanfaat bagi setiap orang yang membacanya, AAMIIN, WALHAMDULILLAAHI RABBIL ‘AALAMIIN.

*Husain bin Ahmad bin Abdullah aalu ‘Ali*

*1424 H*

*Universitas Islam / Pusat Pembelajaran bahasa Arab*

*Kotak Pos / 170*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar