Selasa, 26 Februari 2019

المغني في تعليم النحو - ٣ المقدمة(١)

بسم الله الرحمن الرحيم..

الحمد لله رب العالمين ،حمدا يوافي نعمه ويدافع نقمه ،ويكافئ مزيدة، والصلاة والسلام على المبعوث رحمة للعالمين.

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته..

Alhamdulillah... hari ini , 16 Februari 2019, kita memasuki pembelajaran kitab nahwu Al Mughni ,
masih di *Pekan Pembukaan ke : 3*
Bab. Muqoddimah ,hal : 8

     اللهم إني أسألك علما نافعا ورزقا طيبا وعملا متقبلا ..

[22/2 16:17]

اَلْمُقَدِّمَة

ُ
     اَلْحَمْدُ لِلهِ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى النَّبِيِّ الْعَرَبِيِّ الْأُمِّيِّ ، أَفْصَحِ مَنْ نَطَقَ بِالضَّادِ، مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

     أَمَّا بَعْدُ: فَمِنْ وَاقِعِ التَّدْرِيْسِ لِمَادَّةِ (النَّحْوِ) لَمَسَّتْ أَنَّ الطُّلَّابَ يَشْكُوْنَ صُعُوْبَةَ النَّحْوِ، وَيَتَصَوَّرُوْنَهُ مِنَ الْأُمُوْرِ الْمُعَقَّدَةِ، لِكَثْرَةِ قَوَاعِدِهِ، وَصُعُوْبَةِ الْإِعْرَابِ فِيْمَا يَرَوْنَ. وَلَعَلَّ هَذَا الشُّعُوْرَ يَعُوْدُ إِلَى الْأَسْبَابِ الْآتِيَةِ :
     ١-  صُعُوْبَةُ فَهْمِ الدَّارِسِيْنَ لِمَسَائِلِ النَّحْوِ، لِامْتِلَائِهَا بِالْحَشْوِ وَالْفُضُوْل،  وَالْخِلَافَاتِ، وَالْمُجَادَلَاتِ الذِّهْنِيَّةِ، وَكَثْرَةِ الْعِلَلِ، وَالْعَوَامِلِ الَّتِيْ يُسَوِّغُهَا مَنْطِقُ الْعَقْلِ لَا مَنْطِقُ اللُّغَةِ .
    
٢-  اَلِاقْتِصَارُ فِيْ تَدْرِيْسِ هَذِهِ الْمَادَّةِ عَلَى الدِّرَاسَةِ النَّظَرِيَّةِ، وَإِهْمَالُ التَّطْبِيْقِ، وَقِلَّةُ التَّدْرِيبِ عَلَى تَحْلِيْلِ النُّصُوْصِ الْمُخْتَلِفَةِ وَإِعْرَابِهَا .
    
٣– عَدَمُ فَهْمِ مَعْنَى النَّصِّ عِنْدَ الْقِيَامِ بِإِعْرَابِهِ، لِأَنَّ فَهْمَ النَّصِّ وَتَحْلِيْلِهِ يُعِيْنُ عَلَى إِعْطَاءِ الْكَلِمَةِ مَوْقِعَهَا الْإِعْرَابِيَّ الصَّحِيْحَ .

PENDAHULUAN

     Segala puji bagi Allah, shalawat serta salam semoga terlimpah kepada nabi yang ummiy (tidak bisa membaca dan menulis) orang yang paling fasih dalam mengucapkan huruf dhad, yaitu Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam beserta keluarganya dan seluruh shahabatnya, serta orang-orang yang mengikutinya dengan baik sampai hari kiamat.

     Realita yang terjadi di dalam pembelajaran materi nahwu adalah materi ini menjadikan para siswa mengeluhkan bahwa nahwu itu pelajaran yang sulit, dan tergambar oleh mereka bahwa nahwu itu rumit karena banyaknya kaidah yang ada, juga sulitnya mengi’rab menurut anggapan mereka.
Bisa jadi apa yang dirasakan ini penyebabnya kembali kepada hal-hal berikut ini:
1.    Para pelajar merasa sulit memahami permasalahan-permasalahan yang ada pada pelajaran nahwu karena penuh dengan kata sisipan, fadhlah, perbedaan pendapat dan perdebatan penalaran, serta banyaknya alasan dalam penentuan suatu kedudukan dan juga amil (penyebab) yang yang dibenarkan dari sudut pandang yang bisa diterima oleh akal bukan hanya sekedar yang bisa dirasakan secara bacaan.

2.    Dalam pembelajaran materi nahwu ini hanya mencukupkan kepada pembelajaran secara teori, dan tidak memperhatikan penerapan prakteknya, serta sedikit latihan menganalisis teks yang berbeda-beda dan mengi’rabnya.

3.    Ketika mengi’rab tidak memahami makna teks yang ada, padahal faham terhadap teks dan bisa menganalisis teks itu bisa membantu dalam menempatkan i’rab yang benar pada suatu setiap kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar