Selasa, 01 Oktober 2019

57. MUDHOF 2

*🖥  الدرس ٥٧*

🏷 المضاف ٢

📒 كتاب ملخص قواعد اللغة العربية

✍ المؤلف : فؤاد نعمة

🎙 أبو أحمد المترجم

-------

*⏰ الاختبار ٥٧*

اجعلن ما يلي تركيب الإضافة!

1⃣ كتابان + حامد
⬅كِتَابَا حَامِدٍ

2⃣ مهندسون + الشركة
⬅مُهَنْدِسُوْ الشَرِكَةِ

3⃣ حديثان + النبي
⬅حَدِيثَا النَّبِيِّ

4⃣ سيارتان + أنتم
⬅سيَّارَتَاكُمْ

5⃣ عالمون + المدينتان
⬅عَالِمُوْ المدِيْنَتَيْنِ

Jangan lupa harakat....

--------

*✍ KUNCI 57 ✍*

اجعلوا ما يلي تركيب الإضافة!

1⃣ كتابان + حامد
🌀 كِتَابَا حَامِدٍ

2⃣ مهندسون + الشركة
🌀 مُهَنْدِسُو الشِّرْكَةِ

3⃣ حديثان + النبي
🌀 حَدِيثَا النَّبِيِّ

4⃣ سيارتان + أنتم
🌀 سَيَّارَتَاكُمْ

5⃣ عالمون + المدينتان
🌀 عَالِمُو الْمَدِينَتَينِ

Jangan lupa harakat....

1. Kata (لبيك ) digunakan dalam bentuk mutsanna sebagai bentuk taukid.
Sebagaimana perkataan Sibawaih dalam kitabnya :
   (هذه التثنية اشد توكيدا )
Begitu juga yang dikutip dari Al Kholil gurunya :
(كلما كنت في رحمة و خير منك فلا ينقطعن واليكن موصولا باخر من رحمتك )

Setiap kali aku mendapatkan rahmat dan kebaikan dari-Mu, maka jadikanlah kebaikan tersebut wasilah untuk kebaikan yang lain.
Jadi makna tatsniyyah pada kata ( لبي ) disini :
Aku penuhi penuhi panggilanmu sekarang dan aku penuhi panggilanmu di masa yang akan datang.
Dan semoga Engkau memberi kami kebaikan yang menjadi wasilah kebaikan yang lain di masa datang.
Bentuk mufrod  (لبي ) adalah ( ٌلب)

2.  Lafadz ( كلتا ) pada firman Allah :
(كلتا الجنتين اتت )
dihitung sebagai isim mufrod karena :
- Mudhof kepada isim dhohir.
- Idhofah (mudhof- mudhof ilaih ) dianggap sebagai satu kata
Dalam  satu kata tidak boleh ada 2 tanda tatsniyyah sebagaimana juga di dalam satu kata tidak boleh ada 2 tanda ta'nist.
Maka ketika ( كلتا ) dia idhofah kepada isim dhohir ( الجنتين) maka dia tetap mufrod, dan dalam hal ini masuk dalam kategori isim maqsur.

3.Syarat menambahkan (ال ) pada mudhof : fungsi idhofah ghairu mahdhoh selalu terjaga yaitu (تخفيف ) ; meringankan bacaan dari bentuk sebelumnya.
Jika diberikan  (ال ) kemudian fungsi  (تخفيف ) nya hilang ,maka tidak boleh dibentuk idhofah namun tetap dalam bentuk semula yaitu isim musytaq beserta ma'mulnya (tidak dibuat idhofah ).

4. Kata (قبل ) mabni di atas dhommah karena ini adalah tanda paling aman dari iltibas / kerancuan.
- jika mabni fathah maka akan sulit dibedakan antara mudhof ilaihnya makhdhuf atau sebagai dhorof.
-tidak mabni dengan kasrah juga untuk membedakan mudhaf yang mabni dengan mudhof kepada ya' mutakalim yang di takhfif ya' mutakalimnya / dihilangkan

5.Dalil bahwasanya mudhof dan mudhof ilaih itu seperti satu kata :
a). tidak boleh ada tanda tatsniyyah dalam satu kata
b). ketika mudhof ilaihnya bisa menggantikan mudhof sehingga nauq / jenisnya bisa disamakan
c). hilangnya tanwin pada mudhof dan akan sempurna dengan hadirnya mudhof ilaihi .Begitu juga dihapusnya nun (pengganti tanwin ) dari mutsanna dan jama' mudzakar salim. Nun diperlakukan sama sebagaimana tanwin, nun akan hilang jika diidhofahkan dan digantikan oleh mudhof ilaihnya.
d). tidak boleh mudhof diberi  ( ال  )، karena tanda ma'rifah untuk mudhof adalah mudhof ilaihi itu sendiri, jika mudhof diberi ( ال  ) berarti ada 2 tanda ta'rif dalam satu kata.
e). tidak boleh mengidhofahkan sesuatu kepada diri sendiri karena idhofah itu sudah satu kata.

6.Ya mutakallim berharakat fathah jika sebelum ya mutakallim itu adalah huruf mad  (و،ا،ي )atau setelahnya ada sukun.
contoh :
سبحان ربي الاعلى
مَآ أَغْنٰى عَنِّى مَالِيَهْ

7.  ( أ ) ، ( و ) , (ز )

8. benar ( v ) dan salah ( x )
أ)  ( v ) الاضافة المحضة يفيد التعريف و التخصيص
ب) ( x ) كلا الطالبين ذهبا
ج) ( x ) يكتسب المضاف التانيث ، مثل :
جاءت ولد هند
د) ( v ) يقدر رف " في" في اضافة " سمك البحر"
ه) ( v ) لا يتحقق التخفيف في اضافة
"الزائر بيت محمدٍ"
و) ( x ) حسْب هو ظرف
ز) ( x ) اضافة الصفة الى معمولها هى الاضافة اللفظية

------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar