Rabu, 28 November 2018

Tafsir Muyassar : Isti'adzah

https://youtu.be/RAx6DSwOTak

أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيطـٰـنِ الرَّجِيمِ شرع الله تعالى لكل قارئ للقران العظيم، أن يستعيذ بالله من الشّيطان الرجيم، قال سبحانه: فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ [النحل – الآية ٩٨]

Allah ta’ala men-syari’at-kan bagi setiap pembaca Al-Qur’an Al-‘Azhim ( yang Agung) agar mereka memohon perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. Allah berfiman dalam surat An-Nahl ayat 98 (artinya) : “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk."

ذلك لأنّ القران الكريم هداية للناس و شفاء لما في الصدور، والشيطان سبب الشرور والضلالات، فأمر الله سبحانه كل قارئ للقران أن يتحصّن به سبحانه من الشيطان الرجيم، ووساوسه، وحزبه.

Hal itu karena Al-Qur’an Al-Karim ( yang mulia) adalah merupakan hidayah (petunjuk) bagi ummat manusia, dan obat penyembuh bagi (qalbu/hati) yang ada di dalam dada, sedangkan setan adalah penyebab berbagai keburukan dan kesesatan. Maka Allah yang Mahasuci memerintahkan kepada setiap orang yang akan membaca Al-Qur’an agar mereka membentengi diri dengan Allah yang Mahasuci dari setan yang terkutuk, gangguan was-wasnya dan golongan-golongan setan/ bala tentaranya.

وأجمع العلماء على أن الاستعاذة ليست من القران الكريم؛ ولهذا لم تكتب في المصاحف.

Para ulama telah bersepakat bahwasanya bacaan isti’adzah tidak termasuk bagian dari Al-Qur’an Al-Karim; oleh karena ituah ia tidak ditulis dalam mushaf-mushafnya.

ومعنى (أعوذ بالله) : أستجير، و أتحصّن بالله وحده.

Makna (أعوذ بالله) adalah aku meminta perlindungan / istighotsah dan aku membentengi diri dengan Allah saja.

ومعنى (من الشيطان) أي: من كل عات متمرّد من الجنّ و الإنس، يصرفني عن طاعة ربّي، وتلاوة كتابه.

Makna (من الشيطان) adalah dari setiap penyeleweng yang sangat angkuh ; ingkar / membangkang dari kalangan jin dan manusia, yang akan memalingkan aku dari menta’ati Rabb-ku dan dari membaca kitabNya.

ومعنى (الرجيم) أي: المطرود من رحمة الله

Makna (الرجيم)  adalah : yang diusir dari rahmat Allah.

Faidah :
-[Kata Ar-Rajiim adalah Isim Fa’il yang Memiliki Makna Isim Maf’uul.
Maka artinya adalah yang dilemparkan/dijauhkan dari rahmat Allah, atau yang dilempari dengan bintang oleh para Malaikat.]

[Al-Qur’an Al-Karim adalah petunjuk bagi manusia, walaupun mereka yang masih kafir. Yaitu petunjuk bagi mereka ke jalan dan agama yang lurus.]

-[Jin yang dibelenggu pada bulan Ramadhan hanya jin-jin yang sangat membangkang.]

Kamis 29 Desember 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar